Kepala Disdik Kota Depok, M. Thamrin

Depok, inidepok.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mewanti-wanti pihak sekolah agar tidak menahan ijazah siswa yang telah menyelesaikan jenjang pendidikannya.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, M. Thamrin saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (9/3/2021).

Menurut Thamrin, ijazah merupakan hak siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan. Jadi jika siswa sudah menyelesaikan jenjang pendidikan, ijazahnya harus segera diberikan.

“Apabila siswa ada tunggakan pembayaran selama menyelesaikan jenjang pendidikannya, hal itu bisa diselesaikan dengan cara mencicil. Orang tua siswa bisa membuat surat perjanjian diatas materai terkait pelunasan tunggakan tersebut. Intinya, sekolah tidak diperkenankan untuk menahan ijazah siswa”, tegas Thamrin.

Thamrin juga mengatakan bahwa larangan penahanan ijazah siswa itu sudah disampaikan kepada pihak sekolah sebagaimana tertuang dalam surat edaran nomor 421/2.254/Pemb.SMP/2021.

Tak hanya itu. Thamrin juga menghimbau agar pihak sekolah dapat membuat data inventarisasi ijazah siswa yang belum diambil, lengkap dengan alamat siswanya.

“Apabila ada ijazah yang tertahan, pihak sekolah harus segera berkoordinasi dengan orang tua siswa. Jika tidak ada tindak lanjut dari orang tua, sekolah wajib mengirimkan ke alamat siswa secara langsung maupun melalui kurir. Penyerahan blanko ijazah tahun pelajaran 2020/2021 kepada sekolah juga harus dilengkapi dengan berita acara serah terima dan pernyataan bahwa kepala sekolah tidak menahan ijazah”, himbau Thamrin.

Apabila ada sekolah (SD dan SMP Negeri maupun Swasta) yang tidak mematuhi surat edaran yang telah disampaikan, maka akan ada tindakan tegas dari Dinas Pendidikan.

“Bisa jadi surat izin memimpin dan izin operasional dari sekolah itu dicabut. Hal itu berlaku untuk SD dan SMP Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Depok,” pungkas Thamrin.

(Penulis : Mellasari)

 4,788 total views,  1 views today