Rekkad Kirim Bantuan untuk Korban Tsunami di Banten

Reymond : Kegiatan Ini sebagai bentuk Solidaritas Kemanusiaan

Setelah beberapa hari melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana tsunami di Banten dan Lampung, Komunitas sosial masyarakat yang tergabung di dalam Relawan Kemanusiaan Kota Depok (Rekkad), bertolak menuju desa Simbolo, RT 01/04 Carita, Banten pada Senin (14/1/2019).

Rombongan yang terdiri dari Ketua Rekkad, Reymond Jeferson Louhenapessy, Zulfikar (Sekretaris), Rina Bule dan beberapa pengurus Rekkad diketahui langsung menuju ke lokasi desa terdampak (tsunami) untuk menyerahkan bantuan.

“Hari ini kami langsung menuju daerah terdampak tsunami di kawasan Banten untuk menyerahkan bantuan yang terkumpul. Penyerahan secara simbolis diberikan kepada Ketua RT setempat”, ujar Reymond melalui pesan WhatsApp.

Adapun bantuan yang kami serahkan, lanjut Reymond, antara lain beras, susu, gula pasir, ikan kaleng, alat perlengkapan sekolah dan pakaian.

“Kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas kemanusiaan untuk dapat meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana tsunami di Banten” pungkas Reymond.

Sebagai informasi, kawasan Banten dan Lampung diterjang gelombang tsunami pada Sabtu (22/12/2018) lalu.

Peristiwa tsunami itu disebabkan oleh letusan gunung Anak Krakatau yang berada di kawasan Selat Sunda.

Sedikitnya 426 orang tewas, 7.202 terluka dan 23 orang hilang akibat peristiwa tersebut.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tsunami disebabkan pasang tinggi dan longsor bawah laut karena letusan gunung anak Krakatau.

Dari pantauan Rekkad, sejumlah kawasan yang terdampak tsunami (Banten) sudah dilakukan pembersihan.

Masyarakat yang rumahnya rusak akibat terjangan banjir juga masih terlihat mengungsi di rumah-rumah kerabat yang selamat dari terjangan banjir.

6,973 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini