Margonda, inidepok.com – Satu persatu dugaan kasus korupsi di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok mulai dibidik aparat penegak hukum.

Setelah sebelumnya mencuat kasus dugaan mark up pembelian sepatu PDL dan dugaan pemotongan dana insentif Covid-19, kali ini pengadaan kendaraan operasional pun mulai digarap oleh jajaran Reskrim Polres Metro Depok.

Kasat Reskrim Polres Metro Depok Ajun Komisaris Besar Polisi I Made Bayu Sutha Sartana pun menegaskan bahwa terkait hal ini, pihaknya telah memanggil enam orang saksi.

“Sudah mulai kita laksanakan pemeriksaan terhadap masalah pengadaan mobil operasional damkar, masih kita dalami. Sudah ada enam orang yang kita panggil untuk kita klarifikasi dan kita mintai keterangan terkait kasus ini,” kata Bayu, seperti dikutip dari rri.co.id, Jumat (23/4/2021).

Sayangnya, Bayu masih enggan menyebutkan siapa saja keenam orang yang sudah diperiksa itu.

Bayu juga belum mau membeberkan terkait spesifikasi kendaraan dan tahun anggaran pengadaan mobil operasional pemadam kebakaran yang sedang diperiksa pihaknya.

“Masih kita klarifikasi dan dalami dulu. Nanti kalau sudah ada kepastian akan kita sampaikan,” tegas Bayu.

Data Sirup

Berdasarkan data di Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (Sirup), diketahui bahwa pada tahun anggaran 2019, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mengalokasikan dana APBD sebesar Rp 2,6 miliar untuk Pengadaan Kendaraan Operasional.

Rencananya, dana sebesar itu akan digunakan untuk membeli dua unit armada dengan spesifikasi 1 unit mobil pemadam kebakaran jenis 3000 liter double cabin dan 1 unit mobil pemadam kebakaran jenis 1000 liter.

Data Lelang LPSE

Berdasarkan pantauan tim Jaringan Berita Kota Depok (JBKD), diketahui bahwa lelang pengadaan mobil damkar dilaksanakan pada 22 April 2019.

Nilai Pagu Paket diketahui sebesar Rp 2.641.540.000, sementara Nilai HPS Paket sebesar Rp 2.509.463.000.

Dari 23 perusahaan peserta lelang, ternyata hanya satu perusahaan saja yang diketahui memasukkan dokumen penawaran lelangnya (peserta tunggal).

PT. Karya Jaya Mandiri Megah Prakoso yang beralamat di Griya Bukit Jaya Blok O.4 / 44 RT 001 RW 031 Tlajung Udik Gunung Putri Bogor Jawa Barat dinyatakan sebagai pemenang lelang Pengadaan Kendaraan Operasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dengan harga terkoreksi sebesar Rp 2.481.000.000,-.

(Penulis : M. Ferry Sinaga)

 489 total views,  4 views today