Perwakilan TNI, Pemuda Batak Bersatu (PBB) dan Paguyuban Wartawan Depok (PWD) secara simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada keluarga ibu Maryam dan Pak Mahmud di kediamannya

PANCORAN MAS, inidepok.com – Sudah jatuh tertimpa tangga, ungkapan itu pantas ditujukan ke Maryam. Pasalnya, mantan bidan yang sudah bertugas mulai dari wilayah Asia hingga Timur Tengah itu kini kondisinya sangat memprihatinkan.

Maryam yang tinggal di rumah petak berukuran 2,5 X 2,5 meterpersegi di Kampung Sengon, Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, kini harus bergulat untuk bertahan hidup dengan cara menjadi pemulung, ditambah lagi dirinya berjuang keras untuk mendapatkan rupiah demi kesembuhan sang suami, Mahmud, yang mengidap penyakit Paru-Paru.

Kesehariannya, Maryam dengan keterbatasan usianya harus berjuang di tengah panas dan hujan untuk mencari botol plastik. Dalam setiap langkah kakinya, Maryam selalu berdoa dan berharap agar bisa mengumpulkan botol bekas untuk makan dan kesembuhan suaminya.

Maryam didampingi suaminya, Mahmud saat ditemui dikediamannya yang berukuran 2,5 X 2,5 meterpersegi

Maryam mengatakan bahwa dirinya pernah bertugas menjadi Bidan di Irian Jaya Barat, Kalimantan, Sulawesi, Singapura, Thailand, Arab Saudi dan Turki.

Ia berkisah, kakeknya juga merupakan pejuang kemerdekaan bersama dengan Jenderal Soeharto.

Rekan-rekan Paguyuban Wartawan Depok (PWD), Personil Pemuda Batak Bersatu (PBB) dan TNI saat menuju ke kediaman Maryam

Ayahnya bernama Candra Maria Hadi berasal dari Hongkong. Sejak tahun 1973, ayah Maryam telah tinggal di Magelang dan memeluk agama Islam.

Sementara Ibu Maryam adalah keturunan Keraton Ningrat ke-9 dan kakek buyutnya merupakan anggota Kavaleri Rokase Romusha dan pernah bertugas bersama Jenderal Suharto kala itu.

Berikan Bantuan

Melihat kondisi Maryam, Paguyuban Wartawan Depok (PWD) bersama Ormas Pemuda Batak Bersatu (PBB) dan Kodim 0508 Kota Depok langsung bergerak cepat dengan memberikan bantuan secara langsung.

Tempat tinggal Maryam yang hanya berukuran berukuran 2,5 X 2,5 meterpersegi di wilayah Kp. Sengon RT 8 RW 10 Kelurahan Pancoran Mas Depok

Sesuai arahan dari Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, tim langsung bergerak menuju kediaman ibu Maryam.

Bantuan berupa, beras berukuran 5 Kg sebanyak 2 kantong, sarden 4 kaleng, minyak goreng 2 kantong, gula pasir 2 kantong, mie instant 4 dus, kecap 2 kantong, susu kental manis 4 kaleng, teh celup 2 pak dan roti pun disalurkan untuk membantu keluarga ibu Maryam.

Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Ketua PWD, Merlin Ferry Sinaga didampingi anggota Kodim 0508 Depok dan Ketua PAC PBB Pancoran Mas.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada sesama. Apalagi beliau (Ibu Maryam) masih merupakan keturunan pejuang kemerdekaan dan cucu dari Prajurit TNI. Darah kami sama. Keturunan prajurit TNI” ujar Ferry.

Koordinator Tim Jaringan Berita Kota Depok (JBKD) ini juga menembahkan, selain agenda kegiatan santunan anak yatim, kegiatan berbagi kasih kepada sesama seperti ini akan menjadi agenda rutin PWD.

“Tahun ini dan kedepannya kegiatan seperti ini akan menjadi prioritas teman-teman Paguyuban Wartawan Depok,” pungkas Ferry. (Ay)

 4,483 total views,  5 views today