Muhammad Sayidina Arkan, anak berusia 8 tahun pengidap penyakit Hidrosefalus yang tinggal di Sawangan Depok

Sawangan, inidepok.com – Muhammad Sayidina Arkan (8 tahun), putra pertama dari pasangan Abdul Syukur dan Nurhikmah ini kondisinya terlihat sangat memprihatinkan.

Ia dinyatakan oleh dokter telah mengidap penyakit Hidrosefalus. Kondisi tubuhnya sangat lemah dan tulang pinggangnya juga terlihat tidak normal.

“Arkan sering mengalami kejang dan berat badannya kurang. Tulang pinggangnya juga terlihat tidak normal,” ujar Abdul Syukur, orangtua Arkan yang tinggal di Jalan Sukatani RT 08/04, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok.

Meski kondisi perekonomian saat ini tidak stabil, namun demi kesembuhan anak pertamanya itu, Syukur mengaku akan terus berupaya semaksimal mungkin.

Saat ini, Arkan masih rutin kontrol di rumah sakit Tumbuh Kembang Anak dan fisioterapi di RS Permata Depok.

“Info dari dokter bedah, Arkan harus dioperasi tahun depan. Dokter juga menyarankan supaya Arkan mengkonsumsi makanan bergizi serta minum susu khusus untuk anak supaya berat badannya naik. Arkan juga perlu mengkonsumsi buah Alpukat sebulan minimal 15 kg,” ungkap Syukur.

Agar dapat memenuhi kebutuhan Arkan (sesuai anjuran dokter, red), Syukur mengungkapkan bahwa ia membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk pembelian Susu khusus, diperlukan biaya sebesar Rp 800 ribu, buah Alpukat Rp 400 ribu, obat-obatan Rp 350 ribu dan herbal Rp 350 ribu untuk setiap bulannya.

Syukur mengaku, hingga kini belum ada bantuan dari lembaga sosial atau Pemerintah Kota Depok. Jadi hanya bantuan seikhlasnya dari beberapa orang mahasiswa yang peduli dengan kondisi Arkan.

Syukur berharap, semua kebutuhan seperti yang disarankan dokter untuk anaknya bisa terpenuhi sehingga tahun depan Arkan bisa dioperasi.

Sebagai informasi, Hidrosefalus adalah penumpukan cairan di rongga otak, sehingga meningkatkan tekanan pada otak.

Pada bayi dan anak-anak, hidrosefalus membuat ukuran kepala membesar. Sedangkan pada orang dewasa, kondisi ini bisa menimbulkan rasa sakit kepala yang sangat hebat.

Hidrosefalus ini bisa terjadi ketika produksi dan penyerapan cairan otak tidak seimbang.

Gejala Hidrosefalus

Hidrosefalus pada bayi ditandai dengan lingkar kepala yang cepat membesar.

Selain itu, akan muncul benjolan yang terasa lunak di ubun-ubun kepala.

Gejala hidrosefalus yang dialami bayi adalah :

– Rewel
– Mudah mengantuk
– Tidak mau menyusu
– Muntah
– Pertumbuhan terhambat
– Kejang

Jika penyakit Hidrosefalus ini tidak segera ditangani, dapat menyebabkan gangguan dalam perkembangan fisik dan intelektual anak.

Menanggapi hal ini, Ketua DPD Jaringan Pengawas Kebijakan Pemerintah (JPKP) Kota Depok, Hermanto mengaku sangat prihatin.

Hermanto juga terlihat mengajak seluruh anggota DPD JPKP untuk melakukan upaya penggalangan dana agar dapat membantu meringankan beban keluarga Arkan.

Hingga berita ini dimuat, donasi yang terkumpul sudah Rp 550 ribu rupiah. Jumlah tersebut belum dari semua anggota dan pengurus DPD JPKP Kota Depok.

“Mudah-mudahan banyak masyarakat yang tergerak untuk membantu Arkan”, ujar Hermanto berharap, Jumat (2/10/2020).

Bagi masyarakat yang ingin membantu, bisa langsung datang ke alamat rumah sebagaimana tertera diatas, atau bisa melalui rekening Sekretaris DPD JPKP Kota Depok dibawah ini.

No rekening : 7151240392
Bank BCA
Atas nama : Wahyudin
Kontak : 081317628899

“Bagi masyarakat yang telah menyalurkan bantuannya melalui rekening diatas, mohon untuk dapat mengirimkan bukti transfer ke nomor hp yang tertera”, tutup Hermanto.

(Penulis : M. Ferry Sinaga)

 2,443 total views,  2 views today