Kota Kembang, inidepok.com – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDI P) telah melaksanakan kegiatan reses untuk menampung aspirasi dan pengaduan dari masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, terhitung sejak 3 Februari 2021 hingga 5 Februari 2021 itu berhasil menampung berbagai aduan dan harapan dari masyarakat di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) para anggota Dewan F-PDI P.

Berbagai masukan dan harapan dari masyarakat itu kemudian dirangkum dan disampaikan dalam rapat Paripurna Laporan Hasil Reses Masa Sidang Pertama Tahun Sidang 2021 yang dilaksanakan pada Selasa, 16 Februari 2021.

Laporan hasil reses Fraksi PDI Perjuangan ditandatangani oleh Ketua Fraksi F- PDI P, Ikravany Hilman dan Sekretaris fraksi, Veronica Wiwin Widarini dan dibacakan oleh H. Imam Turidi.

Dalam paparannya, F-PDI P menegaskan bahwa ada banyak sekali keluhan dan harapan yang disampaikan oleh masyarakat.

Keluhan dan harapan masyarakat itu kemudian dirangkum ke dalam lima bidang, yakni :

Bidang Pemerintahan

1. Pemerintah Kota Depok harus segera memperbaiki data warga miskin, baik yang menerima PKH, penerima bantuan non tunai dan warga miskin yang belum menerima bantuan apa-apa. Hal itu perlu dilakukan karena dilapangan masih banyak penerima yang salah sasaran sehingga menimbulkan kecemburuan sosial. Termasuk masih banyaknya masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan KIS dan KIP.

2. Pemerintah Kota Depok diminta untuk lebih adil dalam situasi pembatasan aktivitas karena masih banyak masyarakat yang belum tersentuh bantuan dari Pemerintah.

3. Bantuan sosial akibat wabah Covid-19 dari Pemerintah terlalu lama turun ke warga.

4. Bantuan sosial yang tidak terealisasi dengan baik dan tidak tepat sasaran, sehingga dibutuhkan koordinasi dengan pihak lingkungan setempat.

5. Masyarakat masih kesulitan mengadukan keluhan Covid-19 dan Satgas Covid kurang responsif terhadap aduan.

Bidang Infrastuktur

1. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) diminta untuk memperhatikan tumpukan sampah yang dibuang sembarangan. Caranya dengan melakukan koordinasi bersama dengan pengurus RT dan RW, sehingga solusi sampah pelan-pelan bisa diatasi dari lingkungan terkecil. Permasalahan ini sudah disampaikan ke Dinas terkait, tetapi dinas terkait belum ada yang meninjau lokasi.

2. Dinas PUPR diminta untuk tetap memperhatikan titik-titik banjir yang harus diatasi dan tetap memperhatikkan jalan-jalan dan saluran-saluran air yang harus diperbaiki dan dibangun agar kerusakan tidak semakin parah. DPUPR juga harus tanggap bencana longsor dan banjir disetiap wilayah.

Bidang Pendidikan

1. Karena dampak ekonomi akibat wabah Covid-19, para orang tua murid meminta keringanan biaya pendidikan terutama di sekolah-sekolah swasta.

2. Sukseskan Program Wajib Belajar 12 tahun. Masyarakat minta supaya jangan ada lagi ijazah yang tertahan terutama di sekolah-sekolah swasta (karena belum melunasi biaya pendidikan).

3. Diharapkan adanya penambahan bangunan SMP Negri di wilayah Kota Depok yang padat penduduk, khususnya di Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Cimanggis.

Bidang Kesehatan

1. Diadakannya penyemprotan disinfektan untuk warga masyarakat.

2. Gugus Covid-19 diminta memberi bantuan kepada warga yang sedang isolasi mandiri baik berupa sembako maupun bantua vitamin.

3. Disediakannya ambulance khusus pasien Covid-19 disetiap kelurahan, bukan ambulance siaga.

4. Diadakannya Tes Swab Covid-19 secara gratis.

5. Agar dipermudah ketika pasien sakit menggunakan Bansos.

6. Sosialisasi untuk warga yang belum memiliki BPJS atau KIS supaya tidak dipersulit untuk pengurusannya.

7. Peningkatan pelayanan untuk pasien yang menggunakan BPJS atau KIS.

8. Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan dan tenaga medis.

Bidang Ekonomi

1. Pemerintah Kota Depok agar memberikan peluang usaha bagi masyarakat agar dapat meningkatkan pendapatan perekonomian bagi masyarakat Kota Depok

2. Kedepannya harus diberdayakan UMKM yang berasal dari warga, apalagi angka pengangguran semakin bertambah.

3. Pemerintah harus memikirkan para pekerja yang terkena PHK karena pandemi Covid-19 ini.

4. Akibat covid banyak warga yang bekerja dari rumah (work from home) ataupun yang dirumahkan, pemerintah kota agar membantu pemberdayaan masyarakat melalui pemberian bibit tanaman, benih ikan atau pelatihan-pelatihan bahkan modal umkm untuk perekonomian masyarakat agar tetap stabil. Diharapkan dinas terkait bisa merespon dan menyiapkan kebutuhan tersebut.

F-PDI P berharap, hasil reses tersebut dapat ditindaklanjuti serta dibahas secara komprehensif demi kepentingan masyarakat Kota Depok.

Fraksi PDI Perjuangan juga menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan melaksanakan 5M, yakni Mengenakan masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan atau menggunakan hansanitiszer, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas. (Mfs)

 2,278 total views,  1 views today