Lahan TPU Tapos, Depok

Tapos, inidepok.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menegaskan bahwa Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tapos seluas 1,2 hektar sudah bisa digunakan.

Lokasi TPU itu berada di belakang Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kecamatan Tapos dan jauh dari tempat pemukiman warga.

Dilansir inidepok.com dari beberapa sumber, Kepala DLHK Depok, Ety Suryahati mengatakan bahwa TPU Tapos itu sebenarnya sudah mulai digunakan sejak Oktober 2020 lalu.

“Kapasitas pemakaman di TPU Tapos adalah 5.000 liang lahat dan bisa digunakan untuk umum serta memakamkan jenazah korban Covid-19”, tegas Ety, Selasa (2/2/2021).

Menurut Ety, penyediaan lahan TPU Tapos itu bukan karena Pemkot Depok kehabisan tempat pemakaman, namun dikarenakan belum adanya TPU di wilayah Timur Kota Depok.

“Kami membuka lahan pemakaman di kawasan Tapos bukan karena sudah kehabisan tempat pemakaman, tetapi karena belum adanya TPU di wilayah tersebut. Untuk itu kami berharap masyarakat tidak usah khawatir karena lokasinya jauh dari pemukiman warga”, papar Ety.

Terpisah, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Dinas (Kasubag TU UPTD) TPU di DLHK Kota Depok, Hasudungan mengatakan bahwa liang lahat yang saat ini siap digunakan ada sekitar 3800. Sementara 1000 liang lagi masih menunggu proses land clearing karena tanahnya tidak rata.

“Yang jelas, sampai saat ini kapasitas lahan pemakaman untuk masyarakat Kota Depok masih aman”, tegas Hasudungan

Sebagai informasi, saat ini Pemerintah Kota Depok memiliki 13 TPU yang tersebar di beberapa lokasi, yakni TPU Kalimulya 1, 2 dan 3, TPU Pasir Putih, TPU Bedahan, TPU Cilangkap, dan yang terbaru di TPU Tapos.

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim Jaringan Berita Kota Depok (JBKD) sesuai data rencana program dan kegiatan Dinas tahun 2021, diketahui bahwa DLHK Kota Depok mengajukan alokasi dana untuk pelayanan UPTD TPU sebesar Rp 3,5 miliar.

Rencananya, dana sebesar itu akan digunakan untuk pengelolaan 13 Tempat Pemakaman Umum yang saat ini dimiliki Pemkot Depok.

Sementara untuk penataan dan pemeliharaan TPU, DLHK juga diketahui mengajukan alokasi dana dari APBD sebesar Rp 1.150.000.000,-.

Rencana Ajuan Anggaran DLHK Tahun 2021 :

(*) Pelayanan UPTD TPU
– Jumlah TPU yang dikelola 13 lokasi
– Kebutuhan Dana : 3.500.000.000,-

(*) Penataan dan Pemeliharaan TPU
– Jumlah Sarana dan Prasarana : 6 jenis
– Kebutuhan dana : 1.150.000.000,-

 2,310 total views,  2 views today