Cilodong, inidepok.com – Kasus Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Depok yang kedapatan tidak netral dalam palaksanaan Pilkada tahun 2020 terus berlanjut.

Saat ini, kasus yang menimpa Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkot Depok berinisial SS itu telah dibawa ke Bawaslu Jawa Barat untuk diteruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Kasus dugaan ketidaknetralan itu diketahui setelah beredar video pernyataan dari mantan Walikota Depok periode pertama, Badrul Kamal yang menyebutkan bahwa cawalkot Depok nomor urut 2 (Mohammad Idris) datang ke kediamannya dengan didampingi oleh ASN berinisial SS.

SS pun tidak membantah hal tersebut. Ia dengan tegas menyatakan bahwa ASN yang disebutkan itu adalah benar dirinya.

Laporan Bawaslu

Saat dikonfirmasi, Sekretaris DPC PDIP Kota Depok, Ikravany Hilman membenarkan bahwa kasus ASN Pemkot Depok yang diketahui mendampingi petahana Mohammad Idris bertemu Badrul Kamal telah dilaporkan ke Bawaslu Kota Depok.

Saat ini, pihaknya sedang menunggu hasil laporan dan mempersiapkan langkah-langkah berikutnya.

“Kasus itu sudah dilaporkan ke Bawaslu Kota Depok. Kami menunggu perkembangan selanjutnya,” kata Ikravany, Minggu (18/10/2020).

Kasus Dibawa ke KASN

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini membenarkan bahwa kasus ASN Pemkot Depok tersebut telah dilaporkan ke Bawaslu.

Dikutip dari Wartakota live, Luli menegaskan bahwa pihaknya telah menerima laporan dugaan pelanggaran yang dilakukan SS dan telah menindaklanjutinya.

“Memang betul sudah dilaporkan dan kami sudah menindaklanjutinya,” ujar Luli menegaskan.

Lebih jauh Luli menjelaskan, kasus dugaan ketidaknetralan ASN Depok itu telah dibawa ke rapat pleno Bawaslu dan dibahas bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakumdu) Kota Depok.

Setelah dikaji secara mendalam, tidak ditemui unsur pidananya. Namun ASN tersebut telah melakukan pelanggaran administrasi.

“Untuk itu, kasus tersebut kemudian dibawa ke Bawaslu Jawa Barat untuk diteruskan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)”, tegas Luli menjelaskan.

Baca Juga : ASN Depok Akui Antar Calon Walikota Bertemu Badrul Kamal, SS : Iya, Itu Saya !

(Penulis : M. Ferry Sinaga)

 5,364 total views,  2 views today