Kantor BLP / ULP Depok yang berada di dalam lingkungan Balaikota Depok, Jl. Margonda Raya no. 54 Pancoran Mas Depok.

Balaikota, inidepok.com – Lelang proyek Taman Kelurahan Bojongsari (Kecamatan Bojongsari) dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 1 miliar dan lelang proyek Taman Kelurahan Bedahan (Kecamatan Sawangan) dengan nilai pagu sebesar Rp 800 juta dicurigai.

Pasalnya, kedua paket lelang yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok melalui situs layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Depok itu dinilai banyak kejanggalan.

Dari pantauan tim Jaringan Berita Kota Depok (JBKD), diketahui bahwa mulai dari proses upload dokumen penawaran lelang hingga proses pengumuman pemenang lelang, memakan waktu yang cukup lama.

Di dalam jadwal pengumuman lelang yang tertera di laman lelang situs LPSE juga terlihat bahwa Pengumuman Pascakualifikasi dilakukan pada 17 Juli 2020 dan pengumuman pemenang lelangnya dilakukan pada 28 Agustus 2020.

Jadwal penetapan dan pengumuman pemenang lelang itu juga diketahui berubah sebanyak dua kali, yakni pada 14 Agustus 2020 dan 6 Agustus 2020.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun tim JBKD, diketahui bahwa lelang proyek Taman Kelurahan Bojongsari Kecamatan Bojongsari dengan nilai HPS sebesar Rp 983.780.263,28 itu dimenangkan oleh CV. Biar Berkah dengan harga penawaran lelang sebesar Rp 890.530.711,87 (Penawaran turun 9,5 persen).

Perusahaan yang beralamat di Parung Bingung Rt.004 Rw.009 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kecamatan Pancoran Mas, Depok Jawa Barat ini diketahui mengalahkan 6 perusahaan peserta lainnya yang ikut di dalam lelang proyek tersebut.

Sementara utk lelang proyek Taman Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan dengan nilai HPS sebesar Rp 792.477.895,04 dimenangkan oleh PT. Jessica Anugrah Rezeky.

Perusahaan yang beralamat di Jl. Raya Pondok Kopi Ruko Malaka Country Blok A No. 15 RT.009/010 Pondok Kopi Duren Sawit, Jakarta Timur (Kota) – DKI Jakarta itu diketahui melalukan penawaran lelang sebesar Rp 760 juta  (penawaran turun 4,1 persen) dan berhasil mengalahkan 5 perusahaan peserta lainnya.

Menanggapi hal ini, salah seorang kontraktor yang mengaku ikut di kedua lelang proyek taman itu mengaku heran.

Beberapa orang rekanan lain juga menduga adanya dugaan kongkalikong untuk menggugurkan perusahaan peserta lelang yang bukan “jagoan” dari Dinas LHK.

“Proses lelangnya sangat lama. Saya menduga bahwa perusahaan yang tidak mendapat restu dari Dinas LHK akan dicari-cari kesalahannya oleh panitia lelang. Hal ini kemungkinan besar bisa saja terjadi, mengingat tahun-tahun sebelumnya juga kuat dugaan kongkalikongnya”, ujar salah seorang kontraktor yang enggan disebutkan namanya, Sabtu (29/8/2020).

Tak hanya itu. Sumber juga mengaku heran dengan aparat penegak hukum yang terkesan tutup mata dengan permainan lelang proyek yang ada di Kota Depok.

“Di lelang proyek Taman Kelurahan Bojongsari Kecamatan Bojongsari dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 1 miliar, perusahaan pemenang lelang diketahui hanya menurunkan harga penawarannya sebesar 9 persen dari nilai HPS. Sementara di lelang proyek Taman Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 800 juta, perusahaan pemenang lelangnya hanya menurunkan penawaran sebesar 4 persen saja. Masa pemenang lelangnya selalu perusahaan yang penawarannya tertinggi ?”, ujar sumber sembari menunjukkan data pengumuman pemenang lelang dari kedua proyek taman tersebut.

Senada dengan itu, M. Anita, kontraktor yang juga ikut di lelang proyek taman DLHK mengaku bahwa perusahaannya kalah saat evaluasi kelengkapan dokumen.

Menurutnya, kelemahan di dalam dokumen administrasi lelangnya hanya mengenai pengalaman saja.

“Ya. Kesalahan dari perusahaan saya hanya mengenai pengalaman kerja saja. Panitia menilai bahwa pengalaman tenaga ahli yang kami lampirkan tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan dalam ketentuan lelang”, ujar Melva.

Dihubungi terpisah, Muniri selaku Sekjen LSM Jaringan Kemandirian Nasional Kota Depok (Jaman) mengaku sangat prihatin.

Menurutnya, lelang proyek taman yang setiap tahun digelar DLHK Kota Depok selalu saja menimbulkan polemik yang merugikan banyak kontraktor dan tentunya keuangan negara, yakni dengan cara memenangkan rekanan dengan penawaran tertinggi.

“Sepertinya Dinas dibawah pimpinan Ety Suryahati itu perlu mendapatkan perhatian serius dari aparat penegak hukum. Untuk itu kami akan segera menggelar aksi unjuk rasa meminta aparat Kejaksaan Negeri Kota Depok dan Polres Depok agar mengusut adanya dugaan kongkalikong di dalam lelang proyek taman yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok tahun anggaran 2020 ini”, tegas Munir.

Sayangnya, hingga berita ini dimuat, Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati belum bisa dikonfirmasi terkait hal tersebut.

Pesan singkat yang dikirim ke telepon selulernya pun tak kunjung dibalas hingga berita ini telah dimuat.

Berikut informasi Kedua Lelang Proyek Taman Tersebut :

Pengumuman lelang proyek Taman Kelurahan Bojongsari Kecamatan Bojongsari

1). Nama Tender : Taman Kelurahan Bojongsari Kecamatan Bojongsari;
Kategori Pekerjaan : Konstruksi;
Instansi : Pemerintah Daerah Kota Depok;
Satker : Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan;
Pagu : Rp 1.000.000.000,-
HPS : Rp 983.780.263,28
Nama Pemenang : CV. Biar Berkah;
Alamat : Parung Bingung No.- Rt.004 Rw.009 Kel.Rangkapan Jaya Baru Kec. Pancoran Mas – Depok (Kota) – Jawa Barat
Harga Penawaran : Rp 890.530.711,87
Harga Terkoreksi : Rp 890.530.711,87
Hasil Negosiasi : Rp 890.228.211,83

Pengumuman lelang proyek Taman Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan

2). Nama Tender : Taman Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan;
Kategori Pekerjaan : Konstruksi;
Instansi : Pemerintah Daerah Kota Depok;
Satker : Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan;
Pagu : Rp 800.000.000,-
HPS : Rp 792.477.895,04
Nama Pemenang : PT. Jessica Anugrah Rezeky;
Alamat : Jl. Raya Pondok Kopi Ruko Malaka Country Blok A No. 15 RT.009/010 Pondok Kopi Duren Sawit, Jakarta Timur (Kota) – DKI Jakarta;
Harga Penawaran : Rp 760.000.000,00
Harga Terkoreksi : Rp 760.000.000,00
Hasil Negosiasi : Rp 759.725.000,00

(Penulis : Tim JBKD)

 21,333 total views,  1 views today